#Pendidikan #Sosial

Review film “Brave citizen”

“Brave Citizen” merupakan film Korea terbaru yang dirilis perdana pada bulan Oktober 2023 yang ber genre aksi dan drama yang memiliki cerita dari adaptasi webtoon karya Kim Jung Hyun dengan judul Yonggamhan Simin, dan film ini di sutradarai oleh Park Jin Pyo yang menceritakan tentang seseorang wanita masyarakat biasa yang menjadi guru magang yang  berani untuk melawan murid nya sendiri yang melakukan pembullyan di sekolah karena  memiliki kekuasaan untuk berperilaku seenaknya tanpa peduli aturan ataupun takut akan hukuman.

Seorang guru wanita itulah yang menjadi aktor utama di film ini, yang diperankan oleh Shin Hye Sun sebagai Sho Shi Min yang memiliki latar belakang sebagai petinju di saat usia nya yang masih muda, namun disaat Sho Shi Min menjadi pengganti guru magang sebelumnya yang bunuh diri di sekolah SMA 98764 yang memiliki prestasi tentang sekolah terbaik dalam perlindungan kekerasan itu ternyata hanya sebuah title untuk reputasi sekolah saja karena pada faktanya ada ketidak adilan dan aturan yang tidak berlaku mengenai perlindungan kekerasan ataupun pembullyan di sekolah itu selama ini. ketidak adilan yang selalu terjadi di sekolah snfeifef itu selalu dilakukan oleh Han Soo Gang beserta gangster nya dengan membully banyak siswa semata untuk kesenangan mereka saja.

Sho Shi Min memiliki keberanian diri untuk melawan Han Soo Gang dengan niatan hanya untuk sekedar memberi pelajaran dari apa yang Han Soo Gang perbuat selama ini, terlebih lagi perbuatan Han Soo Gang terhadap Jin Hyeong yang membuat Sho Shi Min semakin memiliki tekad untuk melawan Han Soo Gang, namun Sho Shi Min diperingatkan oleh guru lain untuk berusaha menutup mata dan telinga tentang apapun yang dilakukan oleh Han Soo Gang demi kemanan nya dan menghindari berurusan dengan Han Soo Gang beserta keluarga nya yang memiliki kekuasaan untuk bisa melakukan apa saja tanpa bersikap adil.

Sho Shi Min mengalami dilema begitu berat dalam kondisi tersebut, memikiran kemanan dirinya sendiri untuk bisa mendapatkan posisi sebagai guru tetap yang selama ini menjadi ambisinya, atau melawan Han Soo Gang karena Jin Hyeong meminta tolong padanya. Sho Shi Min akhirnya menghampiri Han Soo Gang untuk menegur nya, namun yang terjadi setelah itu terjadinya kegaduhan pada komite sekolah beserta guru-guru karena ibu Han Soo Gang yang menjadi pengacara datang ke sekolah untuk mencari pelaku yang membuat Han Soo Gang merasa tidak nyaman, hingga pada akhirnya Sho Shi Min mengaku bahwa ia lah pelakunya serta bertekuk lutut pada Ibu Han Soo Gang untuk meminta maaf dan diberi kesempatan lagi untuk tidak dipecat dalam pekerjaan nya sebagai guru magang.

Hingga pada suatu malam, Han Soo Gang berkelahi dengan sekelompok orang yang dilihat oleh Sho Shi Min dan membuatnya menyerang Han Soo Gang dengan menyamar menggunakan topeng kucing serta berpakaian layak nya pria. Perkelahian yang membuat Han Soo Gang babak belur karena kalah dari serangan Sho Shi Min yang menyamar itu diketahui oleh seorang siswa sekolah mereka, dan pada besok pagi harinya seluruh siswa di sekolah telah mengetahui kekalahan Han Soo Gang dalam perkelahian nya untuk pertama kali. Sho Shi Min sangat puas mendengar dan bersikap seolah tidak mengetahui apa yang terjadi saat guru-guru juga senang seperti semua siswa Ketika mengetahui Han Soo Gang kalah dalam perkelahian. Di hari selanjutnya Jin Hyeong Kembali di bully oleh Han Soo Gang di tempat Billiard dan membuat Sho Shi Min kembali muncul menggunakan topeng kucing untuk menyelamatkan Jin Hyeong, namun saat itu Jin Hyeong ingin menikam Han Soo Gang dengan pisau dan terkenalah lengan Sho Shi Min agar Jin Hyeong gagal untuk membunuh Han Soo Gang.

Dimulai lah rasa penasaran Han Soo Gang tentang siapa dibalik topeng itu, karena sudah melindungi nya dari tikaman pisau yang menurutnya itu tidak wajar karena orang yang memakai topeng kucing ini juga selalu menyerang Han Soo Gang. Pada esok harinya Han Soo Gang mengetahui bahwa orang di balik topeng kucing adalah guru Sho Shi Min yang kemudian ditantang untuk berkelahi di atas ring saat ada pementasan sekolah. Dan pada akhirnya Sho Shi Min menang dan membuat Han Soo Gang kalah, bahkan bertekuk lutut pada Jin Hyeong di hadapan semua orang yang kemudian akhirnya Han Soo Gang diamankan oleh pihak kepolisian karena pembullyan yang ia lakukan selama ini dengan bukti video yang diserahkan oleh teman nya sendiri.

Dari judul film ini sudah terlihat jelas bahwa adanya perlawanan yang akan disorot di film ini, menjelaskan tentang suatu kekuasaan yang bisa membuat manusia itu berperilaku tidak adil terhadap sesama, apalagi terhadap masyarakat sipil kelas menengah kebawah yang tidak memiliki power saat adanya ketimpangan sosial, dan dari judul film ini juga sudah sangat jelas bahwa keberanian masyarakat biasa juga bisa merubah suatu keadaan yang tidak bisa dibenarkan

Review film “Brave citizen”

Review Film “Miracle In Cell No.7”

A Review From “Hymn Of The Death”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *