#Budaya #Pendidikan

Serial Drama Korea “Law School” Simulasi Menjadi Mahasiswa Hukum Selama Enam Belas Episode

law school
sumber : pinterest

Law School merupakan serial drama Korea Selatan yang tayang pada 14 April 2021 dengan total enam belas episode. Drama ini bercerita tentang mahasiswa fakultas hukum yang mengungkap kasus pembunuhan mencurigakan yang terjadi di kampusnya, Hankuk University. Dalam enam belas episode ini, penonton benar-benar diajak menjadi mahasiswa hukum dikarenakan banyaknya kasus hukum dan aturan hukum dalam drama ini.

Episode pertama drama ini langsung menghadirkan kasus hukum utama, seorang profesor bernama Seo Byeong Ju yang meninggal secara misterius saat para mahasiswanya sedang melakukan simulasi persidangan. Setelah dilakukan penyelidikan, muncul satu tersangka yaitu Yang Jong Hoon, seorang profesor yang juga mantan jaksa. Ia dikenal tegas dan sering mengucapkan kata-kata kasar sehingga membuat banyak siswa yang membencinya. Sedangkan delapan siswanya merupakan murid Profesor Yang Jong Hoon. Mereka awalnya mempunyai kelompok untuk belajar bersama, namun pada akhirnya mereka pun berkumpul untuk mengungkap kebenaran kasus pembunuhan di kampus mereka.

CERITA KOMPLEKS

Drama ini perlahan mengungkap siapa dalang di balik kasus pembunuhan tersebut. Penonton akan diajak menebak siapa sebenarnya tersangka utama pembunuhan tersebut, lengkap dengan motifnya. Para pelajar pun ikut terseret dan semakin banyak dijadikan tersangka pelaku.

Namun pada akhirnya Fakultas Hukum menutup kasus ini dan hanya tersisa satu terdakwa. Namun cara untuk mencapai titik ini terbilang mulus dan sukses membuat penasaran masyarakat, dan itulah yang membuat penonton ingin menonton hingga akhir.
Selain kasus utama, masih banyak juga kasus hukum lain yang melibatkan pelajar di luar kasus pembunuhan utama, seperti pelecehan seksual, korupsi, penyalahgunaan jabatan, dan lain sebagainya yang membuat drama ini semakin menarik untuk ditonton. Pada episode delapan, dimana salah satu siswi yang tergabung dalam kelompok belajarnya mengalami pelecehan dan kekerasan seksual dari pacarnya; cerita di episode ini cukup haru karena pacar atau pelakunya adalah anak seorang pejabat yang mempunyai kekuasaan cukup besar. Mereka bisa merekrut ratusan pengacara untuk tidak berpihak pada pelajar atau korban. Namun pada akhirnya kasus ini terselesaikan dengan berbagai hal yang tidak terduga.

HAL MENARIK DARI DRAMA LAW SCHOOL

Salah satu yang membuat drama ini semakin menarik adalah bagaimana drama ini mengemas istilah dan pasal hukum dengan menarik. Drama ini juga mensimulasikan penontonnya sebagai mahasiswa hukum. Mereka membahas pasal-pasal pidana terkait pencemaran nama baik, pembunuhan, dan kekerasan seksual dengan menyertakan contoh nyata yang mudah dipahami masyarakat awam. Dan itu membuat penonton senang menonton drama ini hingga akhir.

Hal lain yang menarik perhatian penonton adalah chemistry para karakternya yang sama-sama berambisi meraih nilai terbaik di kelas. Kekompakan mereka dalam belajar dan berteman menjadi momen hangat yang sangat menarik untuk disaksikan.
Begitu pula dengan episode terakhir drama ini yang memperlihatkan berbagai hal yang tidak terduga, seperti bagaimana mereka akan menyelesaikan kasus pembunuhan yang tidak ada habisnya. Apakah ada aktor baru yang menjadi kunci kasus ini? Ending yang tidak terduga juga menjadi salah satu alasan mengapa penonton sangat penasaran dan akan menonton drama ini hingga selesai.

Dengan penuh intrik dan plot yang terjalin dengan cerdas, “Law School” menggabungkan elemen-elemen dramatis dengan adegan-adegan pengadilan yang tegang, menciptakan suasana yang menegangkan dan menarik. Selain itu, serial ini juga mengeksplorasi dinamika interpersonal antara karakter-karakternya, serta dilema moral yang mereka hadapi dalam perjalanan mereka menjadi seorang pengacara yang sukses. Dengan penampilan yang kuat dari para pemainnya dan alur cerita yang menarik, “Law School” telah berhasil memikat perhatian penonton dengan menggabungkan drama hukum yang menegangkan dengan misteri yang memikat.

Sebagai drama berlatar belakang hukum, Law School tampil cukup berbeda. Tidak hanya mengambil satu sudut pandang saja, Fakultas Hukum mencoba mengajak khalayak untuk melihat hukum dari berbagai sisi sehingga dapat menilai makna dari undang-undang itu sendiri.

Meski memiliki beberapa kekurangan, Law School tetap menjadi salah satu drama paruh pertama tahun 2021 yang sayang untuk dilewatkan.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *