#Budaya #Gaya Hidup #Kuliner

Tahukah Anda Kalau Mukbang itu Budaya Korea?

“Sesungguhnya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan mukbang. Ketika kamu membuka media sosial, kadang-kadang halaman rumah kamu pasti akan membahas mukbang. Ketika kamu menonton video / konten yang berisi orang makan dan Anda akan berpikir tentang apa mukbang. Mukbang adalah fenomena budaya populer yang berasal dari Korea. Kata “mukbang” adalah kombinasi dari dua kata dalam bahasa Korea, yaitu “MUK” (먹) yang berarti “makan” dan “BANG” (방) yang artinya “menyiarkan” atau “ruang”. Dalam mukbang, seseorang menyiarkan dirinya makan makanan besar di depan kamera dan sering berinteraksi dengan penonton secara langsung melalui platform siaran langsung atau video online. Awalnya mukbang muncul di Korea Selatan sebagai jenis konten di platform streaming seperti AfreecaTV. Awalnya, makna mukbang adalah siaran langsung yang menampilkan orang makan makanan di depan kamera, sering berinteraksi dengan penonton. Konten semacam itu memiliki daya tarik unik, karena menawarkan kombinasi hiburan visual dan interaksi sosial melalui siaran langsung. Mukbang awalnya populer di Korea dan kemudian menarik perhatian masyarakat internasional. Banyak orang menyukai konten ini karena makanan yang dimakan oleh siaran terlihat sangat lezat. Kebanyakan dari mereka makan makanan Korea khas karena tren ini berasal dari sana. Dalam konteks media sosial, makna mukbang adalah konten yang melibatkan aktivitas makan mulai dari makanan cepat saji hingga hidangan tradisional atau makanan unik dan eksotis. Beberapa mukbang streamers juga melakukan tantangan makan mega, di mana mereka mencoba untuk makan porsi besar makanan dalam satu duduk atau makan makanan yang sangat pedas.
Mukbang telah menjadi inspirasi bagi penyiar YouTube internasional, banyak yang mencoba membuat konten ini. Indonesia tidak terhindar, ada juga banyak YouTuber Indonesia yang terkenal dengan konten mukbang mereka, seperti Tanboykun, Ria SW, MGDALENAF dan lainnya. YouTuber mana yang sering Anda tonton ketika Anda lapar dan menjadi teman Anda untuk makan dengan?
Konten Mukbang juga telah menerima kritik karena ada penyiar YouTube yang kontennya melakukan mukbang dan kemudian beratnya terus meningkat dan YouTubers ini masih melakukan konten ini untuk mendapatkan Adsense dari YouTube. Untuk YouTubers terkenal, mereka biasanya mengimbangi dengan olahraga untuk menyeimbangkan asupan makanan dan output energi. Ada juga yang memiliki kelainan sehingga proses pencernaan penyiar YouTube lebih cepat sehingga tidak memiliki efek pada tubuh.
Perbedaan antara MUKBANG dan ASMR
Jadi, ketika Anda membuka media sosial, ada konten tentang pengiklan makan makanan, ada dua format yang berbeda, yaitu mukbang dan ASMR. Anda harus memikirkan apa perbedaan antara MUKBANG dan ASMR. Penting untuk dipahami bahwa MUKBANG dan ASMR adalah dua konsep yang berbeda dengan tujuan dan fokus yang berbeda.
Makna MUKBANG adalah konten yang menunjukkan seseorang makan makanan dalam skala besar di depan kamera. Fokus utama Mukbang adalah pada makanan itu sendiri dan reaksi pribadi pembuat konten terhadap menikmati makanan. Tujuannya adalah untuk memberikan hiburan dan kepuasan bagi penonton yang menikmati menonton pembuat konten menikmati sejumlah besar makanan.
Sementara itu, ASMR adalah singkatan dari Autonomous Sensory Meridian Response, yang bertujuan untuk merangsang sensasi khas seperti dingin di ujung leher atau perasaan kemerahan pada kulit kepala melalui suara lembut dan stimulasi audio-visual. Fokus utama ASMR adalah pada suara yang lembut dan menenangkan, dengan tujuan memicu respons sensorik yang menyenangkan dan santai di dalam pemirsa. Dalam ASMR, suara adalah elemen kunci dalam konten. Suara-suara halus, seperti ucapan lembut, bunyi-bunyi, atau suara alam, digunakan untuk merangsang respons sensorik di dalam audiens.
Dari aspek objektif, makna mukbang adalah konten yang bertujuan untuk menghibur audiens dan memberikan pengalaman melihat pencipta konten menikmati sejumlah besar makanan. Sementara itu, ASMR bertujuan untuk menciptakan sensasi emosional dan fisik tertentu, seperti perasaan relaksasi, kesejahteraan, atau tidur dalam, melalui suara yang menenangkan. Selain itu, dalam konten mukbang, interaksi dengan audiens adalah faktor penting dalam konten. Sementara itu, dalam konten ASMR, interaksi dengan audiens dapat dikatakan hampir tidak ada karena hanya berfokus pada suara tertentu. Nah, apakah Anda lebih suka mukbang atau ASMR untuk teman-teman Anda saat mereka makan?

 

Tahukah Anda Kalau Mukbang itu Budaya Korea?

Mengulas Film “PAST LIVES”

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *