#Kuliner

Get Clotser With Kimchi 김치

GET CLOTSER WITH KIMCHI

Kimchi (김치) adalah makan tradisional terkenal yang berasal dari Korea atau yang disebut sebagai Negeri ginseng yang dibuat melalui fermentasi dengan banyak varian rasa tetapi sering kali kimchi terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan gurih. Perlu diketehui kimchi ( 김치)  sudah ada sejak abad 9 yang mana pada waktu itu terdapat tiga Kerajaan besar korea yaitu kerjaan Goguryeo (고구려), kerajaan Baekje (백제), dan kerjaan Sila (시라). 

Picture by Pexels

Ketiga Kerajaan ini dikenal dengan Three kingdoms of Korea. Dahulunya kimchi (김치) ini disebut dan dikenal dengan nama chim-chae (침채) yang memiliki arti “sayuran yang direndam”. Namun sekarang nama Kimchi (김치) lebih mengglobal, ketika mendengar Kimchi (김치) Masyarakat langsung berfikir makanan yang berasal dari Korea.

Kimchi (김치) menjadi asupan yang paling sulit didapatkan ketika musim dingin datang oleh karena itu Masyarakat korea memiliki tradisi khusus dalam membuat kimchi dimana Masyarakat korea Bersama Bersama untuk berkumpul dalam membuat kimchi teruutama  ibu ibu yang menjadi peran utama dan sangat penting dalam tradisi pembuatan kimchi ini. Tidak lupa pula anak anak, serta remaja dan kaum laki-laki ikut seta dalam pembuatan Kimchi (김치). Pembuatan kimchi (김치) ini dilakukan bersama-sama sepanjang hari tersebut. 

Pembuatan Kimchi (김치) Bersama-sama ini disebut Gimjang atau kimjang  (김장) atau bisa kenal dengan Pesta Nasional Kimchi yang mana Masyarakat korea  duduk bersama kemudian menyiapkan semua bahan- bahan dan mengupas semua bahan yang siapkan dan ditaruh kesebuah baskom besar dan di aduk bersama-sama. Kerjasama pembuatan Kimchi (김치) ini  seperti tradisini Masyarakat Indonesia dikenal dengan nama Gotong Royong.

 Pesta pembuatan kimchi (김치)  ini juga dilakukan oleh Masyarakat korea untuk persiapan menyambut bulan eomdong (엄옹) atau musim dingin seperi winter dan snow (musim salju) itulah sebabnya muncul sebuah tradisisi pembuatan Kimchi (김치) secara nasional dan pembuatan Kimchi (김치) bersama sama ini termasuk sebuah tradisi yang sangat disukai Masyarakat korea karena mereka dapat berkumpul satu sama lain  untuk bercerita, bernostalgia bersama.

picture by Unesco

Bahan utama pembuatan kimchi (김치) ini adalah sayur sawi putih dan lobak yang mana Masyarakat korea percaya dengan mengomsumsi sayuran ini dapat mencegah berbagai macam penyakit. Berikut beberapa manfaat dari mengomsumsi Kimchi (김치) Menurut Widyaningsih (2014) yang dapat menambah kenyakinan untuk oramg- orang yang tidak sukak dengan sayur-sayuran:

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Banyak sekali orang orang yang memiliki ganguan pencernaan teruutama sakit perut atau diare. Dan tidak bisa dipungkiri bahawa kimchi (김치)  memiliki kalori yang rendah dan serat yang tinggi karena dibuat oleh bahan dasarnya adalah sayuran ( ayur putih dan lobak). Hal ini akan sangat membantu organ-organ pencernaan untuk menyerap makanan lebih mudah dan menyehatkan salura pencernaan tubuh.

  1. Memiliki kandungan probiotik yang tinggi

Kenapa memiliki kandungan Probiotik yang tinggi karena kimchi (김치) merupan makanan yang dibuat dari fermentasi, oleh karena itu kimchi (김치) mengandung probiotik yang tinggi. Dengan memiliki Kandungan probiotik yang tinggi dapat membantu tubuh dalam mekanisme melawan infeksi-infeksi serta dapat meningkatkan imun tubuh kita.

  1. Menurunkan tekanan darah

Mengonsumsi kimchi (김치)  secara rutin dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kenpa begitu karena kimchi (김치) memiliki Kandungan allicin dan selenium sehingga kimchi (김치)  dapat mengontrol kadar kolesterol yang dimiliki oleh tubuh dan dapat mencegah terjadinya penyumbatan dalam pembuluh darah.

  1. Kaya akan antioksidan

Antioksidan yang dimiliki oleh k imchi (김치) sangat membantu dalam mengurasi  radikal bebas yang dimiliki oleh tubuh. Dengan begitu, sistem imun samgat terjaga dan mencegah masuknya penyakit- penyakit yanh ada didalam tubuh kita.

Itulah beberapa manfaat mengomsumsi kimchi (김치), makanan khas korea yang sangat rugi jika kita tidak mengomsumsinya, karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Fakta menariknya lagi bahwa kimchi (김치) masuk jajaran makanan-makanan tersehat di dunia.  Dan Itulah sebabnya kimchi (김치) juga menjadi makan terfavorit dan makanan wajib  Masyaraka Korea Selatan sehingga memiliki sebuah tradisi sendiri. 

Selain memiliki banyak manfaat kimchi (김치) juga memiliki banyak arti mulai dan filosopinya dimulai dari pembuatan kimchi (김치). Dan sekarang kimchi (김치) menjadi salah satu makanan tradisional yang sangat terkenal dan mengglobal bahkan sekarang setiap negara negara didunia pasti memiliki restoran korea yang memiliki dan menjual makanan tradisional ini bahkan menjadi hidangan utama yang wajib dihidangkan bersama makanan makan korea lainya.

Jika tidak ada kimchi (김치) maka akan kurang rasanya untuk mendapatkan vibe koreanya. Oleh karena itu makanan tradisional kimchi (김치) ini sangat digemari masyarakat dunia dan warga negaranya sendiri selain enak dan gurih banyak manfaat yang kita dapatkan dalam mengomsumsi  kimchi (김치).

Get Clotser With Kimchi 김치

Wajib Militer di Korea Selatan: Antara Kewajiban

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *