#Activities #Budaya #Social

Review Film “The Roundup”

Sumber Gambar : Pinterest

 

Roundup merupakan salah satu film Korea yang ramai diperbincangkan pada tahun 2022. Lantaran menurut Variety, film ini merajai box office Korea Selatan untuk akhir pekan kedua pada Juni 2022. Film yang dibintangi Ma Dong Seok ini berhasil mengumpulkan $15,4 juta atau setara dengan 224 miliar rupiah dari 2.520 layar di seluruh negeri. Lalu, terhitung sejak 12 hari hari, film ini telah meraih untung yang sangat banyak, yakni sebanyak $54,8 juta atau 797 miliar rupiah. Di Indonesia sendiri, film ini sudah tayang di bioskop pada Rabu, 1 Juni 2022 dan sudah bisa Moms saksikan. Perolehan angka penonton ini membuat  The Roundup Roundup menjadi film terbesar di tahun 2022. Hingga melampaui Doctor Strange in the Multiverse of Madness dengan untung $49,5 juta atau 720 miliar dan Spider-Man: No Way Home yang telah dirilis terlebih dahulu pada Desember 2021, dengan untung 229 miliar rupiah.

 

The Roundup mengambil latar waktu empat tahun sejak dari film pertamanya (The Outlaws), setelah Detektif Ma berhasil menangani masalah kriminal di Garibong-dong. Sama seperti film pertamanya, The Roundup juga masih mengusung genre aksi-komedi. Sepanjang filmnya kita akan bisa melihat celotehan jenaka khas Detektif Ma saat sedang beraksi melawan para kriminal. Kali ini, konflik utamanya terbilang mengambil inspirasi dari kasus penculikan turis yang sering terjadi pada sejumlah negara Asia Tenggara. Konflik itu dikemas dengan cara apa adanya seperti film bertema kriminal biasa tanpa adanya sentuhan politik atau semacamnya.

 

Gambar : Pinterest

 

Hal ini membuat jalan ceritanya terkesan simpel dan enggak ada yang spesial. Namun, kehadiran cerita yang simpel justru akan bikin penonton mudah mencernanya sehingga jadi bisa lebih fokus pada adegan aksinya yang menjadi daya tarik utama filmnya. Selain itu, buat yang baru mau nonton juga sebenarnya tidak perlu menonton film pertamanya terlebih dahulu agar mengerti plot The Roundup. Soalnya, konflik utama antara duologi ini enggak saling berkaitan. Hanya saja, mungkin kamu tidak akan mengerti beberapa referensi atau kehadiran para tokoh dari film sebelumnya yang muncul kembali dalam sekuel ini.

 

Film aksi yang melibatkan Ma Dong-seok sebagai pemeran utamanya terbilang selalu menjanjikan adegan pertarungan yang sangat memuaskan. Hal ini juga berlaku dengan The Roundup yang memiliki rating untuk penonton berusia 17 tahun ke atas. Hasilnya, adegan aksi pada filmnya enggak terbentur oleh rating sehingga bisa menampilkan momen pertarungan yang brutal hingga bikin ngilu sekalipun. Namun, momen yang paling memuaskan dalam film ini tetap terjadi setiap kali Detektif Ma beraksi melawan kriminal. Apalagi, saat Detektif Ma meninju kriminal dengan lengannya yang sangat besar hingga membuat mereka pingsan hanya dalam satu kali pukulan.

 

Sumber Gambar : Pinterest

 

Selain aksi memukau Ma Deong-seok, ada satu lagi aktor yang berhasil mencuri perhatian dalam film ini. Sosok tersebut adalah Seon Seok-koo yang berperan sebagai villain utama filmnya, yaitu Kang Hae-sang. Dalam filmnya, Kang Hae-sang adalah seorang kriminal kelas kakap yang telah membunuh banyak turis asal Korea Selatan hanya untuk mendapatkan uang tebusan. Son Seok-koo pun berhasil tampil mengerikan sebagai Kang Hae-sang. Kehadirannya sebagai villain yang kalem, tapi mematikan sukses bikin jantung penonton berdebar ketakutan setiap kali ia sudah mulai terlihat memegang pisau. Terlebih, Kang Hae-sang tampak sangat menikmati saat membunuh musuhnya dengan cara yang sangat sadis.

Akhir kata, dengan ceritanya yang simpel, The Roundup berhasil menjadi sebuah film aksi yang mampu memberikan kepuasan setelah menontonnya. Film ini akan sangat wajib ditonton bagi kalian yang suka genre laga atau sedang butuh tontonan penuh aksi tanpa plot yang berat., film  ini sudah sudah tayang di sejumlah bioskop Indonesia sejak 1 Juni 2022 lalu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *