#Budaya #Lifestyle #Politik Korea

REVIEW DRAMA SERIES ADAPTASI WEBTOON : MOVING (2023)

pic source : Google

Serial drama ‘moving’ meluncurkan episode pertamanya pada tanggal 9 Agustus 2023 dalam layanan streaming Disney+ yang menuai respon positif dari para penonton dengan menyajikan genre aksi dan sci-fi dengan tambahan keromantisan di dalamnya. Drama ini digarap berdasarkan webtoon karya milik Kang Full yang menceritakan mengenai para siswa yang berusaha keras menutup kemampuan super mereka agar tidak diketahui oleh khalayak umum serta  masa lalu orang tua mereka yang menurunkan kemampuan super mereka pada anak-anaknya. Tentu saja Kang Full juga ikut berkontribusi dalam penulisan script dalam proses pembuatan film ini dan bekerja sama dengan Park In Jae selaku sang sutradara. Dijelaskan bahwa serial ‘moving’ akan dipisahkan menjadi dua bagian, pada bagian pertama yaitu tujuh episode awal akan menampilkan kisah yang berpusat pada kehidupan para siswa. Sementara itu, bagian kedua akan mengulas latar belakang dan konflik para orang tua dalam menjalani hidup dengan kekuatan super.

Film ini menyajikan kisah heroik yang berbeda dari karya Hollywood yang kerap menunjukan manusia super yang menyelamatkan manusia secara terang terangan dan menjadi terkenal, versi dalam serial ‘moving’ justru menunjukkan bahwa sebagian besar dari para manusia super ini dilatih dan bekerja di bawah berbagai agensi pemerintah di seluruh dunia sebagai agen intelijen yang tentu saja menjalani berbagai misi rahasia atas nama negara. 

Pada tujuh episode pertama akan menceritakan tiga siswa(i) dengan kekuatan super yang berada dalam satu kelas dan menjalani kehidupan SMA pada umumnya sembari menutupi kekuatan mereka dari dunia luar. Pertama, ada Kim Bong-seok (Lee Jung-ha) seorang anak lelaki canggung dengan ketajaman kekuatan panca indera dari para manusia pada umumnya yang dia dapatkan dari ibunya dan ketidakmampuan dalam mengendalikan kemampuan terbang yang diwariskan dari almarhum ayahnya. Kemudian terdapat siswi pindahan bernama Jang Hui-soo (Go Youn-jung), seorang gadis atletis dan baik hati yang mempunyai kekuatan regenerasi tubuh dari cedera apa pun serta ketua kelas Lee Gang-hoon (Kim Do-hoon) seorang pemuda misterius dengan kekuatan dan kecepatan yang luar biasa. 

Kemudian pada episode selanjutnya akan menceritakan mengenai masa lalu ayah dari Lee Gang Hoon (Kim Sung-kyun) manusia super yang berkebutuhan khusus, serta masa lalu orang tua Kim Bong-seok (Han Hyo-joo dan Jo In-sung) dan ayah Jang Hui-soo (Ryu Seung-ryong) yang merupakan pensiunan dari badan intelijen negara dan mantan co-worker. Pada serial ini akan menunjukkan ketidakmanusiaan para petinggi negara dalam mengeksploitasi kekuatan super agen-agen mereka dan menggunakannya sebagai senjata rahasia untuk menaklukan negara lain, pemeran antagonis yang pertama ditunjukkan adalah Frank (Ryoo Seung-bum) sosok misterius yang dikirim CIA atau badan intelijen Amerika Serikat untuk membunuh para pensiunan dari badan intelijen Korea Selatan. Namun sosoknya tidak banyak ditayangkan setelah hampir menuntaskan misinya karena setelah itu muncul agen rahasia super lainnya yang diutus Korea Utara untuk membasmi 3 siswa(i)  SMA yang informasi mengenai kekuatan mereka bocor akibat suatu kejadian.

Dalam karya film tentu saja akan menuai pro-kontra dari para penonton, dari total 20 episode yang disajikan terdapat beberapa keluhan yang menyayangkan bahwa sebagian besar dari serial ini menayangkan kisah kilas balik dari para orang tua dibandingkan kisah dari para siswa(i) yang menjadi sorotan pada episode awal. Namun justru kilas balik yang disajikan akan menjadi sumber pengembangan karakter dan menghadirkan plot cerita yang menarik, serial ini masih dalam tahap on-going karena masih ada beberapa misteri yang belum terpecahkan dan dikabarkan akan ditunjukkan pada musim kedua. 

Secara umum, drama Korea bertema superhero dengan alur cerita yang disajikan dengan mulus antara masa lalu dan sekarang. Ditambah dengan pertunjukkan menggunakan efek khusus dan teknik kamera yang luar biasa, serta alur cerita yang tetap menimbulkan rasa ingin tahu dan antisipasi yang tinggi dari sebagian besar penonton. Tidak mengherankan jika adaptasi webtoon ‘Moving’ karya Kang Full yang ditayangkan pada tahun 2023 menjadi produksi drama Korea termahal Disney+ dan mengukuhkan popularitasnya di seluruh dunia khususnya di wilayah Asia.

REVIEW DRAMA SERIES ADAPTASI WEBTOON : MOVING (2023)

Review Korean Drama : Itaewon Class

Review Korean Drama: ”Alive”

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *